4/15/16

Hydrant Pillar

Produk Hydrant Tegal

HYDRANT PILLAR TWO WAY WITH MACHINO COUPLING
Spesifikasi Produk Material :
-Machino Plate : Kuningan / Brass
-Ball Valve : Kuningan / Brass
-Shaft Ball Valve : Kuningan / Brass
-Bushing : Stainless + iron
-Size : 4" x 2,5" x 2,5"
-Dimensi : 560 mm x 240 mm x 750 mm
-Material Body : Cast iron
-Weight : 63Kg
harga dan pemesanan E : masugiarto84@gmail.com / 089666952774


Hydrant Pillar adalah alat pemadam kebakaran yang terhubung dengan sumber air bertekanan. Alat ini bermanfaat untuk pemadaman api tanpa membuat penggunanya khawatir terhadap kekurangan pasokan air. Hadir dengan dua varian, yakni cabang satu dan cabang dua, hydrant pillar diperuntukkan untuk pemakaian outdoor. Perbedaan cabang satu dan cabang dua terletak pada berapa sumber air yang dapat dialirkan saat penggunaan.
Di atas permukaan tanah, hydrant pillar adalah sebuah pilar berwarna merah yang dapat dihubungkan dengan selang pemadam kebakaran saat dibutuhkan. Di bawah permukaan tanah, alat ini memiliki sistem instalasi yang terintegrasi dengan komponen-komponen pendukung lainnya seperti pipa utama pengalir air, pipa bertekanan serta support block untuk alas dan penyangga.

hydrant pillar alat pemadam api

Artinya, pemasangan hydrant pillar membutuhkan perhitungan yang matang dan bukan sekedar persoalan meletakkan alat. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, marking lokasi di mana akan diletakkan hydrant pillar dalam arti jauh dekatnya alat ini dengan bangunan yang dilindungi. Kedua, keberadaan pipa pengalir air di sekitar lokasi. Ketiga, bagaimana jalur pipa akan memiliki akses langsung dengan hydrant pillar sehingga akhirnya dapat mengalirkan air.
Bahan dasar besi lapis chrome menjadikan hydrant pillar sebagai alat pemadam kebakaran yang antikarat. Setiap hydrant pillar dilengkapi juga dengan sistem drainase yang terbuat juga dari bahan antikarat. Dengan begitu, meskipun diletakkan di luar, kualitas hydrant pillar akan tetap terjaga meskipun mengalami perubahan cuaca dan suhu yang ekstrem dan selalu siap digunakan sebagai alat pemadam api jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.



Fungsi Hydrant Pillar

Hydrant pillar adalah bagian dari rangkaian sistem hydrant yang berfungsi untuk menyuplai air bertekanan dari sumber air. Umumnya hydrant pillar berada di luar ruangan dan diatur pada jarak tertentu. Lokasi peletakkan hydrant pillar pun harus diperhatikan, pilihlah lokasi yang strategis misalnya di tengah kota terlebih yang terdekat dengan sumber air. Berdasarkan SNI (standar Nasional Indonesia) dan NFPA (National Fire Protection Association), peletakkan hydrant pillar ditentukan berdasarkan lokasi dan jumlah keluaran hydrant, jarak penempatan hydrant  umumnya sekitar 35-38 meter antara hydrant pillar satu dengan yang lainnya, strategis artinya mudah ditemukan dalam keadaan darurat.

Fungsi Hydrant Pillar untuk regu damkar

Alat ini bertujuan untuk menyuplai air dari sumber yang dapat berasal dari PAM dan GWR yang selanjutnya akan disalurkan ke mobil pemadam kebakaran sehingga pemadam kebakaran dapat memadamkan bangunan yang terbakar. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perhitungan khsusus guna memperkirakan debit air yang dibutuhkan saat memadamkan api. Hydrant pillar dapat diletakkan di permukaan tanah dan di bawah  permukaan tanah. Apabila diatas permukaan tanah, hydrant pillar dapat langsung dihubungkan dengan selang pemadam kebakaran ketika dibutuhkan. alat pemadam kebakaran bawah tanah lebih khusus dan sangat kompleks karena memiliki sistem instalasi yang telah terintegrasi dan tersambung pada komponen-komponen pendukung  seperti  seperti pipa utama pengalir air, pipa bertekanan serta support block untuk alas dan penyangga.

Fungsi Hydrant Pillar dalam jaringan Hydrant

Untuk itu, pondasi sebagai penopang hydrant pillar harus kuat karena saat terjadi kebakaran aliran air yang ada di dalam jaringan sangat kuat. Bahan konstruksi dari hydrant pillar adalah stainless steel. Material ini merupakan material yang paling baik menahan terbentuknya korosi. Korosi dapat terjadi jika adanya larutan yang bersifat elektrolit dan oksigen. Karena hydrant pillar diletakkan di luar ruangan maka potensi untuk terjadinya korosi tinggi. Namun, tak sedikit hydrant pillar yang terbuat dari besi, fungsinya tetap sama namun penggunaan besi sebagai bahan material lebih murah dibandingkan dengan stainless steel. Di Indonesia sendiri hydrant pillar dapat dibagi menjadi dua jenisyaitu hydrant pillar one way dan hydrant pillar two way, atau biasa disebut dengan cabang satu dan cabang dua. Perbedaannya pada system hydrant terletak pada jumlah sumber yang dapat dialirkan saat digunakan. harga hydrant pillar two way biasanya lebih mahal karena menggunakan 2 sambungan untuk pengeluaran air. Sementara one way menggunakan hanya satu output pengeluaran air sehingga harga hydrant pillar ini jauh lebih murah.

keterangan : diambil dari beberapa sumber di internet.


2 comments: